Pendidikan

Cara Menggunakan & Call WhatsApp Web Di HP/PC

WA Web populer di kalangan masyarakat yang lebih banyak menghabiskan waktunya di depan laptop atau PC. Whatsapp jenis ini merupakan salah satu fitur yang diluncurkan oleh Whatsapp sejak beberapa tahun lalu.

Dengan adanya Whatsapp Web, pengguna bisa mengendalikan WA dari komputer atau PC. Tak perlu lagi berulang kali membuka ponsel ketika tengah bekerja dengan laptop atau PC. Namun apakah Anda sudah mengetahui bagaimana cara mengoperasikan WA Web?

Apa Itu Whatsapp Web?

Apa-Itu-Whatsapp-Web

Fitur Whatsapp Web pertama kali diluncurkan 6 tahun yang lalu, tepatnya pada 22 Januari 2015. Peluncuran fitur tersebut menyusul permintaan pengguna yang ingin dapat memakai Whatsapp di PC atau laptop tanpa harus log out dari Whatsapp di smartphone.

Perlu Anda ketahui bahwa Whatsapp merupakan aplikasi chatting yang paling populer di dunia saat ini. Hal ini tidak begitu mengejutkan mengingat hampir semua orang di sekitar kita memiliki aplikasi Whatsapp dan menggunakannya untuk berkomunikasi sehari-hari.

Prinsip kerja Whatsapp Web sangat sederhana yaitu menghubungkan laptop dan HP menggunakan QR Code sebagai perantara. Di laptop atau PC akan muncul QR Code yang unik. Kemudian QR code tersebut harus discan menggunakan aplikasi Whatsapp di smartphone.

Sesaat kemudian, WA Web akan terhubung dan Anda dapat mengoperasikan Whatsapp melalui laptop atau PC. Koneksi antara smartphone dan PC tidak akan terputus meskipun keduanya tidak saling berdekatan.

Fitur-fitur Whatsapp Web

Fitur-fitur-Whatsapp-Web

Fitur yang dimiliki oleh Whatsapp Web merupakan adopsi dari Whatsapp yang ada di smartphone. Berikut ini rincian fitur yang dimiliki oleh Whatsapp Web secara lebih lengkap.

  • Akses ke keyboard komputer atau PC untuk mengetik pesan.
  • Akses ke penyimpanan di laptop atau PC sehingga pengguna bisa mengirim berbagai media secara langsung.
  • Download media apa pun yang dikirimkan oleh teman atau grup dan menyimpannya di internal storage PC atau laptop.
  • Memulai percakapan atau chat baru.
  • Mencari kontak atau riwayat chat.
  • Membuat grup, mengirimkan chat ke grup, dan melihat informasi dari grup tersebut.
  • Satu akun Whatsapp bisa dihubungkan degan beberapa komputer atau PC sekaligus.
  • Koneksi antara Whatsapp Web dengan smartphone bisa diputuskan meskipun keduanya terpisah oleh jarak yang jauh.
  • Notifikasi suara dan pop up di perangkat desktop.
  • Kirim chat dengan lampiran berupa kontak, dokumen, foto, dan video.
  • Kirim voice note, stiker, serta GIF di dalam chat.
  • Menonton status yang dibagikan oleh tempan atau kontak.
  • Menyeleksi beberapa pesan sekaligus untuk dihapus.
  • Membalas, menyeleksi, dan meneruskan pesan.
  • Mengarsipkan percakapan yang tidak diperlukan.
  • Mengubah foto profil dan nama tampilan.
  • Melihat informasi kontak.

Sebagian fitur yang ada pada aplikasi Whatsapp di smartphone memang tidak bisa ditemukan di Whatsapp Web. Contohnya adalah fitur panggilan, broadcast pesan, menyimpan kontak, dan beberapa fitur lainnya.

Kelebihan Whatsapp Web

Pengguna Whatsapp Web selalu meningkat setiap harinya. Hal ini bisa terjadi bukan tanpa alasan. Whatsapp Web memiliki banyak keunggulan atau kelebihan yang membuat pengguna menyukainya. Berikut ini penjelasan lebih lengkap mengenai keunggulan WA Web.

1. Praktis dan Hemat Waktu

Praktis-dan-Hemat-Waktu

Tanpa disadari, kita sering kali memeriksa smartphone untuk melihat pemberitahuan atau notifikasi pesan yang masuk. Tak hanya sampai di itu, Anda juga perlu waktu lebih banyak untuk membalas chat tersebut. Hal ini tentu cukup mengganggu ketika Anda tengah fokus bekerja dengan PC atau laptop.

Jika menggunakan Whatsapp Web, Anda tak perlu lagi sering-sering memeriksa pesan yang masuk di ponsel. Whatsapp akan memberikan notifikasi di perangkat desktop jika ada pesan yang masuk. Kemudian Anda bisa membalasnya secara langsung.

Waktu yang biasa Anda pakai untuk membuka ponsel dan membalas pesan bisa digunakan untuk melakukan hal yang lebih bermanfaat.

2. Ketik Pesan dengan Lebih Cepat

Ketik-Pesan-dengan-Lebih-Cepat

Keyboard virtual yang ada di smartphone memiliki ukuran yang kecil karena harus menyesuaikan dengan ukuran layar. Untuk mengetik di ponsel juga Anda hanya bisa menggunakan dua jari. Oleh karena itu, proses mengetik di ponsel cenderung lebih lambat dan sering terjadi kesalahan (typo).

Namun lain halnya apabila Anda menggunakan Whatsapp Web di laptop atau PC. Ukuran keyboard yang dimiliki perangkat desktop umumnya memiliki ukuran yang lebih besar. Anda juga mengetik menggunakan 10 jari sekaligus.

Secara otomatis, kecepatan mengetik pun akan meningkat ketika menggunakan Whatsapp Web. Anda bisa mengetik banyak pesan dengan waktu yang lebih cepat.

3. Tidak Membebani Kinerja Komputer

Tidak-Membebani-Kinerja-Komputer

Whatsapp Web bisa diakses melalui browser layaknya situs web lainnya. Untuk mengakses website tersebut tidak diperlukan sumber daya yang besar. Komputer tidak perlu bekerja lebih keras untuk mengakses halaman tersebut.

Oleh karena itu, membuka Whatsapp Web di komputer tidak akan membuat kinerjanya menjadi lambat. Anda masih bisa bekerja dengan normal menggunakan perangkat desktop tersebut.

4. Kirim File dari Komputer Secara Langsung

Kirim-File-dari-Komputer-Secara-Langsung

Pada penjelasan mengenai fitur Whatsapp Web di atas sudah disebutkan bahwa WA Web terhubung secara langsung dengan penyimpanan di PC atau laptop. Dengan begitu, Anda bisa langsung mengirimkan berbagai dokumen langsung dari perangkat desktop.

Hal ini jauh lebih efisien dibandingkan harus memindahkan file dari laptop ke smartphone kemudian mengirimkan file tersebut kepada orang lain.

Kekurangan Whatsapp Web

Namun yang namanya sistem pasti memiliki kekurangan, tidak ada yang sempurna. Hal ini juga berlaku untuk Whatsapp Web. Berikut ini beberapa hal yang dikeluhkan oleh para pengguna.

1. Koneksi Bergantung pada HP

Koneksi-Bergantung-pada-HP

Untuk membuka akun WA di perangkat desktop, Anda harus melakukan scan QR code terlebih dahulu. Anda tak bisa masuk sistem tersebut menggunakan username dan password layaknya aplikasi lain. Koneksi Whatsapp Web sangat bergantung pada smartphone.

Artinya, Anda tidak bisa membuka Whatsapp Web jika tak ada ponsel. Tak hanya sampai di situ, ponsel juga harus selalu terhubung dengan internet yang stabil. Jika tidak, Whatsapp Web juga akan offline dan tidak bisa dipakai untuk mengirim atau menerima pesan.

2. Boros Baterai

Boros-Baterai

Kekurangan kedua yang dimiliki oleh Whatsapp Web adalah membuat smartphone menjadi lebih boros baterai. Hal ini diakibatkan oleh aplikasi Whatsapp yang harus selalu stand by. Ketika Whatsapp dihubungkan ke Web, aplikasi tersebut harus bekerja dua kali lipat.

Borosnya baterai akibat Whatsapp Web lebih banyak dirasakan oleh pengguna smartphone berbaterai kecil. Jika Anda menggunakan smartphone dengan kapasitas baterai besar, hal ini mungkin tak akan menjadi masalah yang berarti.

3. Sensitif Terhadap Jaringan Internet

Sensitif-Terhadap-Jaringan-Internet

Whatsapp web sangat bergantung pada smartphone seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Namun permasalahannya tidak hanya berhenti di situ. Salah satu fitur dari Whatsapp ini juga sangat bergantung pada koneksi atau jaringan internet.

Jika koneksi internet melambat atau tidak stabil, Whatsapp Web akan berubah ke mode offline. Jika sudah begitu, Anda tak bisa mengirim atau menerima pesan.

Oleh karena itu, Anda harus menyiapkan koneksi internet yang stabil untuk mengakses Whatsapp Web. Tidak perlu kecepatan yang terlalu tinggi, cukup yang stabil dan tidak sering mengalami loss.

4. Banyak Fitur yang Masih Belum Tersedia

Banyak-Fitur-yang-Masih-Belum-Tersedia

Whatsapp tidak hanya sering digunakan untuk mengirim dan menerima pesan, aplikasi ini juga sering digunakan untuk menelepon. Sayangnya, Whatsapp Web masih belum mendukung fitur panggilan, baik suara maupun video.

Hal ini disesalkan oleh sebagian besar pengguna Whatsapp Web. Pasalnya, pengguna harus menggunakan smartphone untuk melakukan panggilan.

Selain fitur panggilan, pengguna juga tidak bisa memperbarui status melalui Whatsapp Web. Fitur lain yang masih belum dijumpai pada Whatsapp Web antara lain membuat grup, membuat pesan broadcast, menyimpan kontak, mengedit foto sebelum dikirim, dan masih banyak lagi.

Panduan Menggunakan WA Web

Setelah membaca penjelasan lengkap di atas, Anda tentu sudah paham apa itu Whatsapp Web beserta fitur, kelebihan, serta kekurangannya. Sekarang Anda bisa mulai mempelajari bagaimana cara untuk menggunakan Whatsapp Web. Perhatikan tutorial lengkap di bawah ini.

Ada 3 hal yang perlu dipersiapkan untuk menggunakan Whatsapp Web, yaitu smartphone, laptop atau PC, dan koneksi internet yang stabil di kedua perangkat. Jika tidak ada Wi-Fi, Anda dapat menggunakan hotspot smartphone untuk memberikan akses internet pada laptop atau PC.

1. Membuka Whatsapp Web

Sesuai dengan namanya, Whatsapp Web dapat diakses melalui web browser. Contohnya Chrome, Firefox, dan Microsoft Edge. Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda ikuti untuk membuka Whatsapp Web.

  • Buka browser di laptop atau PC Anda.
  • Setelah browser terbuka, ketik Whatsapp web di address bar. Kemudian tekan enter.
  • Anda akan diarahkan ke halaman hasil pencarian search engine.

Anda-akan-diarahkan-ke-halaman-hasil-pencarian-search-engine

  • Pilih hasil yang paling atas untuk membuka Whatsapp Web.
  • Anda juga bisa mengakses Whatsapp Web dengan mengetik atau menyalin alamat berikut ini di address bar: whatsapp.com. Tekan enter untuk memuat halaman tersebut.

Anda-juga-bisa-mengakses-Whatsapp-Web-dengan-mengetik-atau-menyalin-alamat-berikut-ini-di-address-bar-whatsapp.com_.-Tekan-enter-untuk-memuat-halaman-tersebut

Halaman awal Whatsapp Web akan menampilkan QR Code serta panduan singkat untuk menghubungkan dengan WA di smartphone.

2. Mendownload Aplikasi Whatsapp Web

Tidak hanya bisa diakses melalui browser, Whatsapp Web juga tersedia dalam bentuk aplikasi yang tersedia di platform Windows dan MacOS. Anda bisa mendownload dan install aplikasi tersebut dengan mengikuti tutorial di bawah ini.

Ketik-alamat-https-www.whatsapp.comdownload-pada-address-bar-kemudian-tekan-Enter

  • Klik pada salah satu tombol Download yang sesuai dengan komputer Anda.
  • Sesaat kemudian file installer akan didownload dan tersimpan dalam penyimpanan laptop atau PC.
  • Ketika proses download sudah selesai, Anda bisa membuka file tersebut untuk diinstall. Prosesnya sama seperti Anda menginstall aplikasi pada umumnya.
  • Jika proses install berhasil, Anda bisa melihat ikon aplikasi Whatsapp di taskbar atau desktop.

Jika-proses-install-berhasil-Anda-bisa-melihat-ikon-aplikasi-Whatsapp-di-taskbar-atau-desktop.

Sebagian pengguna memilih menggunakan Whatsapp Web versi aplikasi karena lebih nyaman. Dengan adanya aplikasi, aktivitas di browser tidak akan terganggu.

3. Login ke Whatsapp Web

Sekarang Anda sudah bisa mengakses Whatsapp Web melalui aplikasi atau browser. Berikutnya akan dijelaskan mengenai cara untuk masuk dan menghubungkan Whatsapp di smartphone dengan Whatsapp Web di desktop.

  • Pertama, buka laman Whatsapp Web melalui aplikasi yang sudah diinstall sebelumnya atau melalui browser di laptop. Di layar laptop akan tampil QR Code untuk discan.
  • Buka juga aplikasi Whatsapp di Android atau iPhone milik Anda.
  • Khusus Android, klik ikon titik tiga yang terletak di pojok kanan atas jendela aplikasi Whatsapp untuk memperlihatkan daftar menu.
  • Klik pada menu Whatsapp Web.

Klik-pada-menu-Whatsapp-Web

  • Jika Anda menggunakan iOS, buka menu Settings.
  • Setelah itu klik pada menu Whatsapp Web/Desktop.
  • Scan barcode atau QR Code yang tampil di WA Web Untuk mencegah kegagalan ketika scan, sebaiknya tingkatkan kecerahan layar laptop atau PC terlebih dahulu.

Scan-barcode-atau-QR-Code-yang-tampil-di-WA-Web-Untuk-mencegah-kegagalan-ketika-scan-sebaiknya-tingkatkan-kecerahan-layar-laptop-atau-PC-terlebih-dahulu

  • Tunggu sesaat sampai proses sinkronasi berhasil dilakukan.

Tanda jika Anda sudah berhasil menghubungkan Whatsapp Web dengan smartphone adalah munculnya daftar chat di layar. Sekarang Anda bisa melakukan aktivitas seperti chatting dengan teman atau mengirim dokumen langsung dari laptop atau PC.

3. Menerima dan Mengirim Chat

Aktivitas utama yang dilakukan oleh pengguna Whatsapp adalah chatting atau saling berkirim pesan. Cara untuk chatting menggunakan WA Web sebenarnya tidak jauh berbeda dengan chatting di smartphone. Jika Anda masih kurang yakin, simak tutorialnya di bawah ini.

  • Halaman Whatsapp Web terbagi menjadi dua bagian, yaitu sisi kiri dan kanan. Sisi kiri halaman Whatsapp Web terdapat daftar chat room atau daftar percakapan dengan kontak atau grup yang Anda miliki.
  • Klik pada salah satu kontak atau grup yang memiliki pesan baru. Pesan baru dari kontak atau grup ditandai dengan angka. Angka tersebut menunjukkan jumlah pesan yang belum Anda baca.
  • Jika Anda ingin mengirim pesan pada kontak yang belum terdapat pada list tersebut, klik ikon pesan yang ada di bagian atas halaman Whatsapp Web.
  • Cari nama kontak dengan mengetiknya di kolom Search.
  • Klik kontak yang Anda maksud kemudian ketik pesan pada kolom Type a message.

Klik-kontak-yang-Anda-maksud-kemudian-ketik-pesan-pada-kolom-Type-a-message

  • Jika ingin membuat pesan tampak lebih hidup dan ekspresif, klik pada ikon emoji yang ada di samping kolom Type a message.

Jika-ingin-membuat-pesan-tampak-lebih-hidup-dan-ekspresif-klik-pada-ikon-emoji-yang-ada-di-samping-kolom-Type-a-message

  • Untuk menambahkan baris pada pesan, tekan tombol Shift bersamaan dengan Enter di keyboard.
  • Periksa kembali pesan sebelum Anda mengirimkannya untuk memastikan tidak ada tulisan yang salah ketik. Klik ikon segitiga di sisi kanan untuk mengirim pesan.
  • Anda juga mengirim pesan dengan lebih cepat menggunakan tombol Enter.
  • Jika ingin mengirimkan pesan suara, klik ikon mikrofon kemudian rekam suara Setelah itu kirim.

4. Mengirim Foto atau Video

Punya file foto atau video di laptop atau PC yang akan dikirimkan melalui Whatsapp Web? Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk melakukannya.

  • Pertama, pilih tujuan pengiriman terlebih dahulu melalui daftar room chat di sisi kiri laman WA Web atau mencarinya di menu
  • Karena gambar atau foto termasuk lampiran atau attachment, klik pada ikon paperclip yang letaknya di sisi kiri kolom type a message.
  • Ketika diklik, ikon tersebut akan menampilkan beberapa menu. Klik pada opsi Photos & Videos.
  • Berikutnya Anda akan diarahkan ke penyimpanan desktop untuk memilih foto atau video yang tersimpan di PC. Pilih gambar yang akan dikirim. Anda dapat memilih satu gambar atau lebih.

Berikutnya-Anda-akan-diarahkan-ke-penyimpanan-desktop-untuk-memilih-foto-atau-video-yang-tersimpan-di-PC.-Pilih-gambar-yang-akan-dikirim.-Anda-dapat-memilih-satu-gambar-atau-lebih

  • Anda juga bisa menggunakan gerakan mouse drag and drop untuk mengirimkan foto dari penyimpanan ke Whatsapp.
  • Whatsapp Web akan menampilkan preview atau pratinjau gambar yang akan dikirim. Jika perlu, Anda bisa menambahkan keterangan di kolom teks.

Whatsapp-Web-akan-menampilkan-preview-atau-pratinjau-gambar-yang-akan-dikirim.-Jika-perlu-Anda-bisa-menambahkan-keterangan-di-kolom-teks

  • Klik enter atau ikon kirim untuk mengirimkan foto kepada penerima.

5. Memakai Kamera di WA Web

Selain mengirimkan gambar dan video dari penyimpanan, Anda juga dapat menggunakan kamera yang tersedia di WA Web. Kamera tersebut bisa dipakai untuk merekam video dan mengambil foto untuk dikirimkan kepada grup atau kontak. Tutorialnya bisa Anda lihat di bawah ini.

  • Sebelum merekam video atau foto, Anda perlu memilih kontak atau grup tujuan terlebih dahulu.
  • Klik ikon paperclip atau attach di room chat tersebut kemudian pilih ikon kamera.

Klik-ikon-paperclip-atau-attach-di-room-chat-tersebut-kemudian-pilih-ikon-kamera

  • Jika Whatsapp Web meminta permission untuk menggunakan kamera, klik Allow.
  • Selanjutnya Anda bisa mengambil foto atau merekam video menggunakan tombol Shutter.
  • Lihat kembali foto atau video yang sudah direkam. Apabila sudah yakin, Anda bisa klik tombol kirim atau menekan tombol enter untuk mengirimkan media tersebut.

Perlu diketahui, fitur ini hanya tersedia untuk perangkat desktop yang memiliki kamera atau webcam. Jadi, pastikan komputer Anda memiliki hardware tersebut agar bisa menggunakan fitur kamera.

6. Mengirim File atau Dokumen

File yang bisa dikirim menggunakan Whatsapp Web tidak hanya berupa foto atau video. Anda juga dapat mengirimkan file lain seperti dokumen PDF, Word, Excel, PPT, bahkan file ZIP. Untuk mengirimkan file tersebut, caranya hampir sama seperti mengirim gambar.

Jika Anda belum pernah mengirim dokumen melalui WA Web, sebaiknya perhatikan tutorialnya di bawah ini.

  • Pertama, pilih grup atau kontak yang menjadi tujuan pengiriman file dokumen.
  • Setelah itu, klik pada ikon Attach yang ada di room chat.

Setelah-itu-klik-pada-ikon-Attach-yang-ada-di-room-chat

  • Karena akan mengirim dokumen selain foto dan video, maka Anda harus pilih Document.
  • Whatsapp web akan mengarahkan Anda untuk memilih dokumen yang akan dikirim. Anda bisa memilih beberapa file sekaligus, sama seperti saat akan mengirim foto dan video.
  • Untuk mengirim file kepada penerima, klik ikon send atau kirim.

Cara seperti ini juga bisa Anda praktikkan jika ingin mengirimkan file foto atau video tanpa terkompres. Jadi, video dan foto yang dikirimkan dengan cara ini akan tetap memiliki ukuran seperti aslinya.

7. Mendownload File dari Whatsapp Web

File yang dikirimkan oleh kontak atau anggota grup dapat Anda simpan di penyimpanan desktop. Caranya juga sangat mudah.

  • Khusus untuk foto dan video, Anda harus klik pada ikon panah ke bawah.
  • Setelah itu pilih opsi Download.

Setelah-itu-pilih-opsi-Download

  • Sementara untuk dile selain foto dan video, klik pada ikon download.
  • Pilih folder untuk menyimpan file.
  • Tunggu sampai proses download selesai.

8. Mengubah Tema

Tak berbeda dengan Whatsapp for Android atau iOS, tema di Whatsapp Web juga dapat diubah dan disesuaikan dengan keinginan pengguna. Caranya sangat sederhana dan bisa Anda ikuti dengan mudah.

  • Pastikan saat ini Anda sudah berada di laman Whatsapp Web di aplikasi atau browser.
  • Klik pada ikon tiga titik di sisi kiri atas untuk melihat daftar menu.
  • Klik pada opsi Settings lalu pilih Theme.

Klik-pada-opsi-Settings-lalu-pilih-Theme.

  • Di sana ada 3 opsi yaitu, Light, Dark, dan Automatically. Pilih salah satu dari ketiga opsi tersebut.
  • Klik OK.
  • Selanjutnya klik pada menu Chat Wallpaper untuk mengganti latar belakang room chat.

Selanjutnya-klik-pada-menu-Chat-Wallpaper-untuk-mengganti-latar-belakang-room-chat

  • Pilih salah satu warna yang paling Anda suka.
  • Klik pada opsi Add Whatsapp Doodles untuk menampilkan atau menyembunyikan gambar doodle di background.

9. Membuat Room untuk Video Call

Whatsapp saat ini berada di bawah naungan Facebook dan sudah terhubung dengan Messenger Rooms. Perlu diketahui bahwa Messenger Rooms merupakan platform video conference layaknya Zoom atau Google Meet.

Anda bisa menggunakan Whatsapp untuk melakukan video call dengan peserta mencapai 50 orang dengan fitur tersebut. Tutorial menggunakan fitur tersebut bisa Anda lihat di bawah ini.

  • Buka menu Whatsapp web dengan cara klik ikon titik tiga.
  • Klik pada menu Create a Room.

Klik-pada-menu-Create-a-Room

  • Klik pada pilihan Continue in Messenger jika ada pop up konfirmasi yang muncul di layar.

Klik-pada-pilihan-Continue-in-Messenger-jika-ada-pop-up-konfirmasi-yang-muncul-di-layar

  • Pastikan Anda mengingat username serta password akun Facebook. Masukkan nomor telepon, username, atau email serta password akun tersebut kemudian klik Lanjutkan.
  • Lanjutkan proses pembuatan rooms mengikuti perintah yang Anda lihat di layar hingga mendapatkan link atau URL.

Lanjutkan-proses-pembuatan-rooms-mengikuti-perintah-yang-Anda-lihat-di-layar-hingga-mendapatkan-link-atau-URL

  • Copy URL tersebut lalu bagikan kepada teman atau grup.
  • Tunggu sampai semua peserta Anda bergabung dan rapat online bisa dimulai.

10. Melihat Status Teman

Di Whatsapp Web, Anda bisa melihat pembaruan dari kontak namun tidak bisa memperbarui status. Jika ingin melihat status dari teman-teman Anda, caranya adalah sebagai berikut.

  • Klik ikon lingkaran yang ada di bagian kiri atas Whatsapp Web.

Klik-ikon-lingkaran-yang-ada-di-bagian-kiri-atas-Whatsapp-Web.

  • Klik pada nama kontak yang ada di sebelah kiri.
  • Foto, video, dan teks akan muncul di sisi sebelah kanan dari halaman Whatsapp Web.

Foto-video-dan-teks-akan-muncul-di-sisi-sebelah-kanan-dari-halaman-Whatsapp-Web

  • Untuk melihat status selanjutnya, Anda dapat mengeklik tombol panah ke kanan.
  • Tombol panah ke kiri dipakai untuk melihat status sebelumnya.
  • Sementara untuk melihat status dalam waktu lebih lama, Anda bisa mengeklik dan menahan mouse.

11. Cara Keluar dari Whatsapp Web

Jika Anda sudah selesai menggunakan Whatsapp Web sebaiknya log out dari sistem tersebut. Ada dua cara berbeda untuk log out dari WA Web yaitu melalui desktop dan smartphone. Di sini akan dijelaskan caranya satu per satu. Simak baik-baik, ya.

Untuk log out dari smartphone, ikuti cara berikut ini.

  • Buka aplikasi Whatsapp di smartphone.
  • Buka menu dengan cara klik pada ikon tiga titik kemudian pilih menu Whatsapp Web.
  • Bagi pengguna iPhone, buka menu Settings terlebih dahulu kemudian pilih Whatsapp Web.

Bagi-pengguna-iPhone-buka-menu-Settings-terlebih-dahulu-kemudian-pilih-Whatsapp-Web

  • Pada halaman selanjutnya akan terlihat daftar perangkat desktop yang terhubung dengan WA Anda.
  • Klik salah satu nama device atau perangkat kemudian pilih opsi Log out.
  • Anda juga dapat keluar dari semua perangkat menggunakan opsi Log out from all devices.

Sementara untuk log out dari WA Web langsung, caranya ada di bawah ini.

Sementara-untuk-log-out-dari-WA-Web-langsung-caranya-ada-di-bawah-ini

  • Tampilkan menu dengan cara klik pada ikon tiga titik.
  • Klik pada opsi log out yang terletak di paling bawah.
  • Tunggu sesaat hingga proses log out berhasil. Jika berhasil, Anda akan dibawa ke halaman awal Whatsapp Web yang menampilkan QR Code.

Cara menggunakan WA Web sebenarnya mudah jika Anda sudah terbiasa menggunakan Whatsapp di smartphone. Meskipun masih ada keterbatasan di sana sini, Whatsapp Web tetap dapat dipakai untuk mengakses WA dari desktop dengan praktis.

 

Download Juga Aplikasi WA Rahasia Ini :  Gb WhatsApp  &  WhatsApp Mod

Mungkin Dibawah Ini yang Kamu Cari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button